memahami kerja relay

Dalam kehidupan sehari-hari, saya sering menemukan rangkaian listrik yang menggunakan relay, seperti di dalam kelistrikan mobil, elektronik, dll.
Untuk itu saya coba memahami fungsi relay, dan yang saya dapatkan adalah sebagai berikut :
Relay biasanya digunakan untuk menghubungkan atau memutus suatu arus listrik melalui suatu mekanisme tertentu, biasanya dengan memberi tegangan atau memutus tegangan pada kaki pengendali.

Dalam gambar di bawah ini dapat diketahui bahwa :

85 adalah kaki pengendali relay kutub negatif
86 adalah kaki pengendali relay kutub positif
87 adalah kaki penerima arus dari kaki 30
30 sumber arus yang dikendalikan oleh relay

Bila kaki 86 diberikan tegangan, maka koil pada relay akan menarik batang besi yang mengakibatkan arus dari kaki 30 berjalan ke arah kaki 87.

Sedangkan pada gambar di bawah ini dapat diketahui bahwa :

85 adalah kaki pengendali relay kutub negatif
86 adalah kaki pengendali relay kutub positif
87 dan 87A adalah kaki penerima arus dari kaki 30
30 sumber arus yang dikendalikan oleh relay

Bila kaki 86 tidak diberikan tegangan, maka koil pada relay tidak menarik batang besi yang mengakibatkan arus dari kaki 30 berjalan ke arah kaki 87A.
Bila kaki 86 diberikan tegangan, maka koil pada relay akan menarik batang besi yang mengakibatkan arus dari kaki 30 berjalan ke arah kaki 87.

Dari Kondisi di atas, ada istilah yang umum digunakan adalah :

Normally Open : status relay terbuka (tidak terhubung) saat tidak ada arus pada kaki pengendali relay
Normally Close : status relay tertutup (terhubung) saat tidak  ada arus pada kaki pengendali relay
COMmon : kaki relay yang menjadi pasangan dari kaki Normally Open atau Normally Close, tergantung dari status arus yang melalui kaki-kaki pengendali relay tersebut.

Dalam 1 relay bisa saja terdiri dari lebih dari 1 set NC-NO-COM, seperti pada relay MY2N dari Omron yang mempunyai 2 set NC-NO-COM

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa akibat dari arus yang berjalan dari kaki pengendali maka akan bisa mengendalikan 2 peralatan yang berbeda.

64 Replies to “memahami kerja relay”

  1. Mas saya mau tanya keterangan sampeyan tentang NC dan NO pada relay sampeyan bilang
    Normally Open : status relay terbuka (tidak terhubung) saat tidak ada arus pada kaki pengendali relay (berarti saat tidak ada arus (tertutup)terhubung pada NC)
    Normally Close : status relay tertutup (terhubung) saat ada arus pada kaki pengendali relay (berarti saat ada arus terhubung ama NO)
    atau yang sampeyan maksud itu gini
    Normally Open : status relay terbuka (tidak terhubung) saat tidak ada arus pada kaki pengendali relay
    Normally Close : status relay terbuka (terputus) saat ada arus pada kaki pengendali relay
    soalnya saya nemu sedikit keterangan
    Normal terbuka (normally open), kontak-kontak akan tertutup bila relai diberi tegangan. Normal tertutup (normally close), kontak-kontak terbuka bila diberi tegangan.
    atau mungkin sampeyan lupa ngasih kata "tidak" pada keterangan (normali close)status relay tertutup (terhubung) saat "tidak" ada arus pada kaki pengendali relay
    Trims

  2. mas sya mau tanya:
    klo menggunakan lampu tambahan dengan led merah, ketika normal lampu plat nomor menyala, tapi jika direm lampu led merahnya hidup dan lampu plat nomor mati, ketika rem dilepas kembali norma. bagaimana mas..?

    terima kasih

  3. 1. dalam keadaan tanpa arus, maka kaki 12 terhubung ke kaki 4, dan kaki 9 terhubung ke kaki 1
    2. beri tegangan ke 24V ke kaki 14, dan negatif ke kaki 13, maka relay akan berbunyi, lampu hijau akan menyala. seandainya polaritasnya terbalik maka relay tetap bekerja tapi lampu LED tidak menyala.
    dalam keadaan nomor 2 di atas, maka kaki 12 terhubung ke kaki 8, dan kaki 9 terhubung ke kaki 5

  4. Salam kenal mas Woko….

    Mas, aku praktek merangkai control untuk 2 buah motor induksi 3 ph kerja bergantian seperti gambar, tapi tidak berhasil, mohon kiranya mas Woko bisa menggambarkan lebih rinci kembali berikut aku lampirkan gambarnya yang juga aku dapat dari internet.
    terima kasih mas sebelumnya…….aku tunggu ya.
    Penyambungan Rangkaian Motor Work Interchangeably (Kerja Bergantian)

  5. Maksud saya jika kaki 30 tetap saya beri tegangan 12v, sedangkan kaki 85/86 sebagai pemicu nya saya beri tegangan hanya 6v.. itu apakah tetap bisa bekerja menghasilkan tegangan 12v di kaki 87 nya ? Thanks.

  6. Gan, bisa di ga bikin relay, untuk pasang di solenoid mesin cuci memakai relay mk2pi di pompa air manual, sehingga ketika mesin cuci butuh air solenoid terbuka dan pompa air manual hidup karna di pasangi relay mk2pi yg terhubung dgn solenoid, masalahnya ane tidak tau merangkainya takut konsleting listrik? Apa agan bisa membantu sket pasangnya? Terimakasih

  7. Semua yang ada di blogspot umumnya adalah blog, selain itu sangat banyak blog di internet, baik yang hosting di free website atau yang berbayar, dan website sangat banyak di internet. Silahkan saja cari seauai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *